Skip to main content

Prosedur dan fungsi C++

Procedure and Function di C++

Prosedur
Pada dasarnya bahasa C++ tidak mengenal istilah prosedur, C++ hanya mengenal fungsi,
prosedur dalam C++ dianggap sebagai fungsi yang tidak mengembalikan nilai,
sehingga dalam pendeklarasian prosedur cukup dituliskan dengan kata kunci void dan diikuti dengan nama prosedur.
Berikut akan diberikan contoh prosedur dalam C++ dan cara pemanggilannya di program utama :
//program penjualan
#include <conio.h>
#include <iostream.h>

void penjualan (float a, float b, float c) {
float total, temp ;
temp = b * c ;
total = temp - (a * temp) ;
cout << "Harga Kotor Barang : " << temp << endl ;
cout << "Harga Bersih Barang : " << total << endl ;
}

//program utama

void main() {
float diskon, harga, jumlah ;
float total, temp ;
cout << "PROGRAM HITUNG HARGA BARANG" << endl ;
cout << "===========================" << endl << endl ;
cout << "Masukkan harga barang : " ; cin >> harga ;
cout << "Masukkan jumlah barang : " ; cin >> jumlah ;
cout << "Masukkan diskon barang : " ; cin >> diskon ;
cout << "\n" ;
penjualan(diskon, harga, jumlah) ;
getch(); }


Fungsi
Agar sebuah fungsi bisa mengembalikan nilai,
di akhir sub program yang kita buat harus diakhiri dengan kata kunci return diikuti dengan nilai yang akan dikembalikan.
Dalam sebuah fungsi, kata kunci return hanya bisa mengembalikan satu buah nilai saja.
Untuk memanggil sebuah fungsi, kita cukup memanggil nama fungsi di program utama, diikuti dengan parameter aktual.
Karena fungsi bisa mengembalikan nilai, nilai tersebut bisa ditampung di dalam sebuah variabel atau langsung dimanipulasi.

//program menampilkan deret bilangan prima
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
bool prima(int n) {
int i, jml;
jml = 0 ;
for (i=1;i<=n;i++) {
if (n % i == 0) {
jml ++ ; }
}
if (jml == 2) {
return (true); }
else {
return(false) ; }
}

//program utama
main() {
int j, n, cacah ;
cout << "Masukkan Batas bilangan : " ; cin >> n ;
cout << "Berikut Bilangan itu : " << endl ;
cacah = 0 ;
for (j=1;j<=n;j++) {
if (prima(j) == true) {
cout << j << " " ;
cacah ++ ;
}
}
cout << "\nBanyak bilangan prima adalah : " << cacah << endl ;
getch();
}

Comments

Popular posts from this blog

model interaksi kecakapan manusia dan komputer

Kecakapan manusia ·          Estimasi Estimasi adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu data statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter. ·          Intuisi Intuisi   adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran ·          Kreatifitas Kreatifitas adalah adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri   aptitude   maupun non aptitude,   dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. ·  ...

TEORI DASAR HTML

TEORI DASAR Membangun sebuah Web Page dibutuhkan sebuah bahasa pemprograman yang lebih dikenal dengan sebutan WEB SCRIPTING. Dikatakan Script karena perintah kode program tersebut akan diinterpreter dan tidak ada kompilasi untuk menjadikannya executable. Berdasarkan letak proses interpreter maka web scripting dibagi menjadi dua kategori, yaitu bersifat client side dan server side. Client Side dilaksanakan oleh web browser seperti Internet Explorer, Netscape, Opera, Firefox dan lain-lain. Contoh daripada Client Side misalnya HTML,CSS, Javascript, VBscript maupun XML. Sedangkan Server Side dikerjakan oleh Web Server seperti Personal Web Server untuk system operasi Windows 98, IIS untuk system operasi Windows 2000/XP, Apache, Tomcat, Xitami dan Zope. Sedangkan untuk contoh bahasa server side adalah ASP (.Net), PHP, JSP,CFM dan CGI/PL. Web Scripting yang bersifat Client Side akan menghasilkan web page yang statis dalam arti menekankan pada design format tampilan informasi yang dis...

Membuat Objek Meja Sederhana Menggunakan Blender

Membuat Meja 3D menggunakan Software Blender Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Wikipedia Pada tulisan saya kali ini, saya akan membuat objek sederhana berupa objek meja 3d menggunakan blender. Berikut ini  adaah langkah –langkah pembuatannya : 1. Pastikan kalian sudah mendownload dan menginstal software blender, saya menggunakan blender versi  2.79b. Buka Aplikasi Blender   2. Saat membuka blender tampilan pertama pada blender akan sama Penjelasan : Kamera Sumber cahaya (Light) Sumbu Z (Warna Biru) Sumbu Y (Warna Hijau) Sumbu X (Warna Merah) Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita kan membuat objek Meja dari sebuah kubus. Untuk membuat objek meja diawali dengan sebuah kubus, kemudian kubus tersebut diedit menjadi balok. Untuk mengeditnya kita ubah ke dalam edit mode. K...