Kecakapan
manusia
·
Estimasi
Estimasi
adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi
dengan menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu
data statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter.
·
Intuisi
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui
penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja
datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran
·
Kreatifitas
Kreatifitas
adalah adalah kemampuan seseorang untuk
menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam
bentuk ciri-ciri aptitude maupunnon aptitude, dalam karya baru maupun kombinasi
dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah
ada sebelumnya.
·
Adaptasi
Adaptasi
adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk
bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu
untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan). mengatasi kondisi fisik
lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas
·
Kesadaran serempak
·
Pengolahan abnormal
Manusia
dalam hal apapun terkadang melakukan pengecualian untuk beberapa hal .
·
Memori asosiatif
Manusia
merupakan makhluk sosial yang bisa mengingat dan melupakan sesuatu, manusia
bisa menyimpan kenangan di memori tetapi saat mengingat kenagna tersebut maka
kenangan tersebut tidak sama persis dengan kenangan yang dulu.
·
Pengambilan keputusan non deterministik
Maksudnya
adalah pengambilan keputusan secara tidak pasti, terkadan g manusia memiliki
sifat yang plin plan yang bisa berpengaruh pada keputusan yang diambil
·
Pengenalan pola
Pengenalan
pola merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai
"tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi
data". Dengan demikian, ia merupakan himpunan kaidah bagi pembelajaran
diselia (supervised learning).
·
Pengetahuan dunia
Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang.
Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori,prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas
Bayesian adalah benar atau berguna.
·
Kesalahan manusiawi
Namanya
manusia pasti akan melakukan kesalahan entah kesalahan yang disengaja ataupun
tidak disengaja.
Kecakapan
komputer
·
Kalkulasi akurat
Kalkulasi adalah proses yang disengaja untuk mengubah
satu masukan atau lebih ke dalam hasil tertentu, dengan sejumlah peubah.
·
Deduksi logika
metode deduksi (atau
penalaran deduktif , logika deduktif,deduksi logis atau logika "atas-bawah")
adalah proses penalaran dari satu atau lebih pernyataan umum (premis) untuk
mencapai kesimpulan logis tertentu.
·
Aktifitas perulangan
perulangan
adalah proses pengulangan kata atau unsur kata, kegiatan maupun hal lainnya
secara terus menerus.
·
Konsistensi
Pengertian Konsisten adalah melakukan suatu kegiatan secara terus menerus dengan
tekun dan benar tanpa keluar dari jalur / batasan batasan yang telah di
tentukan.
·
Multitasking
Multitasking : Menjalankan dua atau lebih program
dalam sebuah komputer pada saat yang bersamaan. Berapa banyak program yang
dapat secara efektip di multitasking, tergantung dari tipe multitasking
performed (preemptive vs Cooperative), kecepatan CPU dan memori serta kapasitas
harddisk.
·
Pengolahan rutin
Komputer
adalah tempat unntuk mengolah data dimana pengolahanya dilakukan secara rutin
menggingat kemajuan teknologi yang semakakin hari semakin canggih
·
Penyimpanan dan pemanggilan kembali data
Komputer
dapat menyimpan sebuah data dengan baik dan jika data itu diperlukan maka
komputer dapat memanggil data itu kembali
·
Pengambilan keputusan deterministik
Keputusan
Dalam Keadaan Ada Kepastian, Apabila semua informasi yang diperlukan untuk
mengambil keputusan lengkap, maka keputusan dikatakan dalam keadaan atau
siatuasi ada kepastian. Dengan kata lain dalam keadaan ada kepastian, kita
dapat meramalkan secara tepat atau eskak hasil dari setiap tindakan (action).
Misalnya dalam pesoalan linear programming kita mengetahui berapa jumlah
keuntungan (profit) maksimum yang bisa diperoleh setelah kita mengetahui
persediaan setiap jenis bahan dan kebutuhan input bagi masing-masing jenis
produk. Pemecahan masalah mengenai pengambilan keputusan dalam keadaan atau
situasi yang pasti bersifat deterministik.
·
Pengolahan data
Pengolahan
data (data processing) adalah manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti
berupa informasi, sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan-kegiatan
pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kegiatan
atau peristiwa.
·
Pengetahuan domain
Berisikan kemampuan untuk mengenali dan
mengingat peristilahan, definisi, fakta-fakta, gagasan, pola, urutan,
metodologi, prinsip dasar, dsb. Sebagai contoh, ketika diminta menjelaskan
manajemen kualitas, orang yg berada di level ini bisa menguraikan dengan baik
definisi dari kualitas, karakteristik produk yang berkualitas, standar kualitas
minimum untuk produk.
·
Bebas dari kesalahan
Pada
dasarnya komputer diciptakan agar mengurangi kesalahan yang manusia, maka dari
itu komputer bebas dari kesalahan apapun
Model Sistem pengolahan
pada manusia dan komputer
Manusia
dalam interaksi manusia dan komputer dipandang sebagai sistem pemroses
informasi :
·
Informasi diterima dan ditanggapi
melalui saluran input-output (indera)
·
Informasi disimpan dalam ingatan
(memori)
·
Informasi diproses dan diaplikasikan
dalam berbagai cara
Sistem
pemrosesan manusia merupakan sistem yang sangat kompleks, sulit dimengerti dan
tidak bisa diukur secara akurat atau disajikan secara utuh dalam suatu
pemodelan. Pendekatan pemodelan dapat disajikan dan berisi 3 (tiga) bagian
yaitu pemrosesan persepsi (perceptual processing), pemrosesan intelektual atau
kognitif (intelectual or cognitive processing), dan kontrol motorik (motor
control) yang ketiganya berhubungan dengan memori manusia.
Gambar
2.4 Model Sistem Pengolahan pada Manusia
Dalam
pengolahan informasi ini dibagi 2 yaitu :
·
Pengolahan secara sadar terjadi ketika
rangsangan yang datang dibawa ke bagian intelektual dan memerlukan beberapa
waktu untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai.
·
Pengolahan secara otomatis terjadi
secara reflek dan hanya memerlukan waktu yang sangat pendek.
Banyak
aktivitas yang kita kerjakan sehari-hari telah menjadi otomatis.
Kita
dapat mengerjakan aktivitas tersebut tanpa harus berfikir. Sebagai contoh,
aktivitas untuk membaca, menulis, berbicara dalam bahasa ibu, mengendarai
sepeda, menggosok gigi, dan lain-lain.Seperti diketahui, semakin sering
berlatih atau dikerjakan, performans kita akan meningkat ke tahap trampil dan
otomatis. Dengan latihan rutin, proses kognitif juga dapat menjadi otomatis
penuh.
Proses
kognitif otomatis diidentifikasikan sbg:
·
Cepat
·
Membutuhkan perhatian minimum sehingga
tidak terpengaruh oleh aktivitas lain
·
Tidak dapat diproses secara
sadar/sengaja
Contoh
untuk menunjukkan sifat proses kognitif otomatis adalah efek Stroop.
Proses
pengolahan ini juga melibatkan memori manusia yang berfungsi sebagai tempat
penyaringan (sensor), tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) dan
memori jangka panjang. Memori manusia seperti ditunjukkan pada gambar berikut :
Gambar 2.5 Memori Manusia
Memori
penyaring (sensor) sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menerima
rangsangan dari indera. Memori penyaring ini terdiri dari 3 saluran penyaring :
·
Iconic , berfungsi menerima rangsang
penglihatan (visual)
·
Echoic, berfungsi menerima rangsang
suara
·
Haptic, berfungsi menerima rangsang
sentuhan
Isi
memori penyaring ini selalu diperbaharui setiap kali ada rangsang yang masuk,
contoh : kita dapat mengetahui perubahan letak jari tangan kita yang digerakkan
di depan mata kita.
Memori
jangka pendek sebagai tempat menyimpan informasi sementara yang hanya
dibutuhkan sesaat. Misal : saat kita menghafal nomor handphone, maka akan lebih
mudah mengingat nomor tersebut jika dikelompokkan per 3 nomor daripada
menghafal nomor tersebut sekaligus. Memori jangka pendek ini dapat diakses
dengan cepat ± 70 ms, penghilangan cepat ± 200 ms. Beberapa ciri dari
memori jangka pendek yaitu :
·
Mudah lupa dalam waktu 20 detik
·
Lebih banyak informasi untuk diingat
akan menambah kecepatan untuk dilupakan pula
·
Gangguan terhadap informasi yang serupa
sering menyebabkan salahnya informasi saat dipanggil
Memori
jangka panjang sebagai merupakan tempat menyimpan informasi dalam jangka waktu
yang lama, seperti tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi,
pengalaman, urutan perilaku dan segala sesuatu yang diketahui. Karakteristik
memori ini memiliki kapasitas besar / tidak terbatas, kecepatan akses lebih
lambat ± 1/10 second dan proses penghilangan pelan.
“Perbandingan
Kecakapan Relatif Interaksi Manuisa dan Komputer”
Nama : Muna Nurmala Sari
NPM : 2015020138
Kelas : TI-IV/D
STMIK HANDAYANI MAKASSAR
2016/2017
Comments
Post a Comment