Membuat Meja 3D menggunakan Software Blender
Penjelasan :
Kemudian tekan F
Lakukan pada sisi lannya hal yang sama. Hingga terbentuk seperti berikut.
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D.
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual,
model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Wikipedia
Pada tulisan saya kali ini, saya akan membuat objek sederhana berupa objek meja 3d menggunakan blender. Berikut ini adaah
langkah –langkah pembuatannya :
1. Pastikan kalian sudah mendownload dan menginstal software blender, saya menggunakan blender versi 2.79b. Buka Aplikasi Blender
2. Saat membuka blender tampilan
pertama pada blender akan sama
- Kamera
- Sumber cahaya (Light)
- Sumbu Z (Warna Biru)
- Sumbu Y (Warna Hijau)
- Sumbu X (Warna Merah)
Langkah
pertama yang harus dilakukan adalah kita kan membuat objek Meja dari sebuah kubus. Untuk membuat
objek meja diawali dengan sebuah kubus, kemudian kubus tersebut diedit
menjadi balok. Untuk mengeditnya kita ubah ke dalam edit mode. Kita klik
pada objek kemudian tekan TAB pada key board atau ubah pada toolbar di
bawah seperti ini :
Untuk
membuat objek menjadi balok tekan S + Z pada keybard kemudian arahkan
mouse kursor untuk menentukan ukuran besar kecilnya balok. S adalah shortcut untuk SIZE dan Z merupakan sumbu yang digunakan pada saat meresize.
Pindah ke bagian bawah balok dengan cara klik tengah mouse dengan menggeser kursor. Kemudian ubah edit modenya menjadi FACE SELECT.
Klik
kanan pada face bawah objek. Kemudian tekan CTRL + R yang digunakan
untuk membagi balok menjadi beberapa bagian. Kemudian scroll ke atas /
ke bawah untuk mengatur bagiannya
Lakukan pada bagian lainnya sehingga menjadi seperti berikut :
Select 4 bagian seperti berikut dengan cara klik kiri sambil menekan SHIFT
Lakukan Extrude pada bidang yang diblok dengan menekan E pada keyboard
Disini Sudah terlihat objek membentuk seperti meja. Kemudian kita buat
penghubung kaki kaki meja. Dengan cara menjadi kaku meja menjadi
beberapa bagian dengan menggunakan CTRL + R.
Delete sisi – sisi kaki meja yang akan dihubungkan. Lakukan dengan cara blok face yang ingin dihapus kemudian tekan delete
Ubah edit mode menjadi edge select
Kemudian Select bagian EDGE sisi satu dengan sisi hadapannya
Kemudian tekan F
Lakukan pada sisi lannya hal yang sama. Hingga terbentuk seperti berikut.
Garis
merah menandakan sumbu X dan garis biru menandakan sumbu Z. disini
terlihat posisi meja dibawah sumbu X, berarti kita harus menaikan
kedudukannya searah sumbu Z. Pertama kita ubah ke objek mode. Kemudian
klik kanan pada objek kemudian tekan Z pada keyboard dan arahkan kursor
searah sumbu Z.
Terakhir Render gambar dengan menekan tombol F12 atau menekan tombol Render pada menu
Comments
Post a Comment