Skip to main content

Membuat Objek Meja Sederhana Menggunakan Blender

Membuat Meja 3D menggunakan Software Blender

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Wikipedia
Pada tulisan saya kali ini, saya akan membuat objek sederhana berupa objek meja 3d menggunakan blender. Berikut ini  adaah langkah –langkah pembuatannya :
1. Pastikan kalian sudah mendownload dan menginstal software blender, saya menggunakan blender versi  2.79b. Buka Aplikasi Blender
 
2. Saat membuka blender tampilan pertama pada blender akan sama


Penjelasan :
  1. Kamera
  2. Sumber cahaya (Light)
  3. Sumbu Z (Warna Biru)
  4. Sumbu Y (Warna Hijau)
  5. Sumbu X (Warna Merah)
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita kan membuat objek Meja dari sebuah kubus. Untuk membuat objek meja diawali dengan sebuah kubus, kemudian kubus tersebut diedit menjadi balok. Untuk mengeditnya kita ubah ke dalam edit mode. Kita klik pada objek kemudian tekan TAB pada key board atau ubah pada toolbar di bawah seperti ini :
  

Untuk membuat objek menjadi balok tekan S + Z pada keybard kemudian arahkan mouse kursor untuk menentukan ukuran besar kecilnya balok. S adalah shortcut untuk SIZE dan Z merupakan sumbu yang digunakan pada saat meresize.

 

Pindah ke bagian bawah balok dengan cara klik tengah mouse dengan menggeser kursor. Kemudian ubah edit modenya menjadi FACE SELECT. 

  

Klik kanan pada face bawah objek. Kemudian tekan CTRL + R yang digunakan untuk membagi balok menjadi beberapa bagian. Kemudian scroll ke atas / ke bawah untuk mengatur bagiannya 

Lakukan pada bagian lainnya sehingga menjadi seperti berikut :
  

Select 4 bagian seperti berikut dengan cara klik kiri sambil menekan SHIFT
 

Lakukan Extrude pada bidang yang diblok dengan menekan E pada keyboard

  

Disini Sudah terlihat objek membentuk seperti meja. Kemudian kita buat penghubung kaki kaki meja. Dengan cara menjadi kaku meja menjadi beberapa bagian dengan menggunakan CTRL + R. 

Delete sisi – sisi kaki meja yang akan dihubungkan. Lakukan dengan cara blok face yang ingin dihapus kemudian tekan delete
 

Ubah edit mode menjadi edge select

  

Kemudian Select bagian EDGE sisi satu dengan sisi hadapannya

 

Kemudian tekan F


 

Lakukan pada sisi lannya hal yang sama. Hingga terbentuk seperti berikut.

  

Garis merah menandakan sumbu X dan garis biru menandakan sumbu Z. disini terlihat posisi meja dibawah sumbu X, berarti kita harus menaikan kedudukannya searah sumbu Z. Pertama kita ubah ke objek mode. Kemudian klik kanan pada objek kemudian tekan Z pada keyboard dan arahkan kursor searah sumbu Z.

 

Terakhir Render gambar dengan menekan tombol F12 atau menekan tombol Render pada menu

Comments

Popular posts from this blog

Listing program C++ Rental Mobil

NAMA : MUNA NURMALA SARI NPM : 2015020138 KELAS : TI/II D LISTING PROGRAM #include <iostream> using namespace std; int main() {                 char nama[20],*jenis;                 int   kode,lama,harga,subtotal,total,ubay,diskon,ukem;                 cout <<"                STRUK PEMBAYARAN SEWA MOBIL              "<<endl;                 cout <<"--------------------------------------------------------------------------------"<<endl;             ...

model interaksi kecakapan manusia dan komputer

Kecakapan manusia ·          Estimasi Estimasi adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu data statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter. ·          Intuisi Intuisi   adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran ·          Kreatifitas Kreatifitas adalah adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri   aptitude   maupun non aptitude,   dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. ·  ...

Listing C++ Menetukan Nilai Grade Mahasiswa

Listing menentukan nilai grade mahasiswa Contoh 1 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;         cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) cout<<"A"; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) cout<<"B"; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) cout<<"C"; else if ((nilai<40) && (nilai<55)) cout<<"D"; else if (nilai<40) cout<<"E";     cout<<"nilai mahasiswa : "<<nilai<<endl; return 0; } Contoh 2 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;     char indeks;     cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) indeks = 'A'; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) indeks = 'B'; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) indeks = 'C'; else if ((nilai<40) && (nilai...