Skip to main content

Membuat Lemari Sederhana Menggunakan Software Blender 3D


LEMARI 3D

Cara membuat lemari sederhana menggunakan software blender, berikut ada langkah-langkahnya :
  1. Pertama buka dulu Software Blender di Laptop Kalian, Pastikan sudah terinstal terlebih dahulu, kalau sudah di buka pertama akan muncul gambar  seperti ini: https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture.png?w=555&h=335
  2. Setelah itu aturlah sudut pandang menjadi FRONT ORTHO dg menekan tombol angka 1 kemudian angka 5.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-1.png?w=560&h=338
  3. Kemudian Lakukan ukuran/resize pada objek itu dengan menekan S=>2 lalu S=>1.5.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-2.png?w=569&h=343https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-3.png?w=577&h=348
  4. kemudian mengedit objek itu masuk ke Edit Mode caranya tekan tombol TAB yang ada di keyboard. lalu tambahkan garis ungu nggak tau apa itu namanya hehehe. tinggal tekan tombol CTRL+R setelah itu arahkan mouse pada bagian atas objek.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-4.png?w=587&h=354
  5. setelah itu scroll up mouse hingga akan tampil 2 garis ungu. kemudian klik kiri pada objek itu lalu akan muncul garis warna kuning.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-5.png?w=595&h=359https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-6.png?w=602&h=363
  6. setlah itu resize 2 garis itu searah sumbu X 2.5 sehingga garis itu akan minggir sendirinya. dengan cara tekan S=>X=>2.5.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-7.png?w=608&h=367
  7. lalu tambahkan loop cut dengan berdiri atau horizontal, caranya tekan CTRL+R kemudian arahkan kursor di bagian pinggir objek lalu Scroll up mouse munculah 2 garis ungu hahahah. setelah itu klik kiri untuk mengeksekusinya.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-8.png?w=615&h=372https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-9.png?w=620&h=375
  8. kemudian rezise 2 garis itu searah sumbu Z banyaknya 2.8 hingga itu garis tersebut akan pindah keatas & bawah objek. dengan cara tekan S=>Z=>2,8.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-10.png?w=618&h=373
  9. tambah loop cut Horizontal kemudian scroll up mouse. Klik kiri untuk mengeksekusinya. Lalu rezise 2 garis itu searah sumbu Z dengan menekan S=>Z=>0.1.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-11.png?w=622&h=375
  10. Lalu translasikan 2 garis itu searah sumbu Z banyaknya 2 satuan. dengan cara menekan G=>Z=>2 kemudian klik kiri untuk mengeksekusinya. lalu tambahkan loop up Horizontal lagi lalu scroll up mouse. Klik kiri untuk mengeksekusinya.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-12.png?w=600&h=362
  11. setelah itu tambahkan loop cut Horizontal kembali setelah itu scroll up mouse. lalu klik kiri untuk mengeksekusinya.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-13.png?w=585&h=353
  12. lalu resize 2 garis itu searah Sumbu Z sebanyak 0.13 satuan tinggal tekan S=>Z=>0,13.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-14.png?w=589&h=356
  13. lalu translasikan 2 garis tersebut searah sumbu Z sebanyak 1 satuan . Tinggal tekan G=>Z=>1 klik kiri untuk mengeksekusinya.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-15.png?w=592&h=358
  14. selanjutnya Rubah vertek seleck mode jadi face select mode hingga muncul titik2 yang mewakili satu face.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-16.png?w=698
  15. lalu  pilih face yg di edit.Untuk memilih lebihdari 1face . dengan cara tekan Shift+ right klik mouse pilih face yang akan di edit.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-17.png?w=635&h=384
  16. lalu lakukan ekstrude pada face yang sudah dipilih sebanyak 2 dengan  caranya tekan E=>2
    https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-18.png?w=698
  17. balik ke objek mode tekan saja tombol Tab agar gambar terlihat Rapi klik pilih smooth di samping kiri.https://nanay058.files.wordpress.com/2011/11/new-picture-19.png?w=698
  18. selesai.

referensi : denizarc.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

model interaksi kecakapan manusia dan komputer

Kecakapan manusia ·          Estimasi Estimasi adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu data statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter. ·          Intuisi Intuisi   adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran ·          Kreatifitas Kreatifitas adalah adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri   aptitude   maupun non aptitude,   dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. ·  ...

Listing C++ Menetukan Nilai Grade Mahasiswa

Listing menentukan nilai grade mahasiswa Contoh 1 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;         cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) cout<<"A"; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) cout<<"B"; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) cout<<"C"; else if ((nilai<40) && (nilai<55)) cout<<"D"; else if (nilai<40) cout<<"E";     cout<<"nilai mahasiswa : "<<nilai<<endl; return 0; } Contoh 2 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;     char indeks;     cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) indeks = 'A'; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) indeks = 'B'; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) indeks = 'C'; else if ((nilai<40) && (nilai...

Membuat Objek Meja Sederhana Menggunakan Blender

Membuat Meja 3D menggunakan Software Blender Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Wikipedia Pada tulisan saya kali ini, saya akan membuat objek sederhana berupa objek meja 3d menggunakan blender. Berikut ini  adaah langkah –langkah pembuatannya : 1. Pastikan kalian sudah mendownload dan menginstal software blender, saya menggunakan blender versi  2.79b. Buka Aplikasi Blender   2. Saat membuka blender tampilan pertama pada blender akan sama Penjelasan : Kamera Sumber cahaya (Light) Sumbu Z (Warna Biru) Sumbu Y (Warna Hijau) Sumbu X (Warna Merah) Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita kan membuat objek Meja dari sebuah kubus. Untuk membuat objek meja diawali dengan sebuah kubus, kemudian kubus tersebut diedit menjadi balok. Untuk mengeditnya kita ubah ke dalam edit mode. K...