Skip to main content

Pengertian Animasi



A.   Pengertian Animasi
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stillto achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGrawHill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
B. Metode dan contoh pembuatan animasi dalam dunia pendidikan
Metode pembuatan animasi dalam dunia pendidikan :
Ø  Manual.

Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain).

Ø  MotionCapture

Adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai (animasi kuda).

Ø  Dynamicsimulation

Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu disimulasikan secara realtime. terdapat bebebrapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll.

Ø   Particle

Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.

Disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat media pembelajaran interaktif dengan program Macromedia Flash 8.
a.     Membuat tampilan utama
1)      Klik creat new di halaman start saat macromedia flash pertama kali dibuka.
2)      Buat pengaturan ukuran halaman, pilih menu barModify-Document, atau bisa langsung tekan Ctrl+J dengan ukuran width = 650, dan height = 400.
3)      Buat 3 layer yang diberi nama masing-masing background,isi,dan tombol.
4)      Kemudian import gambar background dan gambar lainnya dengan cara pilih menu file – import - import to stage – pilih file gambar yang akan di import, atau bisa langsung tekan Ctrl+I kemudian atur gambar agar sesuai dengan ukuran stage.
5)      Pada layer isi atur gambar-gambar yang akan dijadikan menu bar sehingga membentuk suatu tampilan awal yang diinginkan.

b.     Membuat tombol navigasi
1)      Kemudian, convert gambar yang akan dijadikan tombol navigasi dengan cara klik kanan gambar lalu pilih convert to symbol - pada option type behavior-nya pilih Button - pada Registration pilih yang tengah pada Name ketikkan nama file lalu klik Ok. Lakukan langkah tersebut sampai seluruh gambar yang akan dijadikan tombol menjadi tombol navigasi.
2)      Untuk membuat animasi pada tombol dengan cara klik dua kali pada tombol yang diinginkan, kemudianklik kanan pada frame over lalu masukkan keyframe, atau tekan F6.
3)      Kemudian besarkan gambar dari tombol menggunakan Tool Free Transform Tool.Pada frame down lakukan hal yang sama tapi gambar tombol dikecilkan. Setelah semua selesai, untuk kembali kestage utama klik tanda panah di sebelah menu utama .
4)      Lalu pada layer background klik kanan kemudian beriaction script. Kemudian kita atur navigasi pada tombol di layer isi yang pertama kita pilih salah satutombol ,lalu klik kanan pada tombol – pilih action atau tekan F9.
5)      Sedangkan untuk fullscreen yang akan muncul pertama kali saat file swf atau exe media pembelajaran interaktif dibuka beri action script pada frame 1 layerisi.

c.      Membuat animasi
1)      Kemudian buat animasi pada gambar dengan cara klik kanan convert to symbol-movie clip-pastikanbehavior-nya ditengah-ok. Atur pergerakannya disetiap keyframe atau bisa tekan F6 dan insert frame dengan tekan F5 buat pergerakan animasi yang diinginkan.
2)      Pada frame 1 (frame pertama) layer isi buat teksopening dengan menggunakan text tool ketikkan teks “Ayo Jelajahi Tata Surya Kita!“.
3)      Lalu, convert to symbol-movie clip-pastikan behavior-nya ditengah-ok. Atur pergerakan teks dari kecil ke besar dengan cara klik 2x pada teks kemudian padaframe 1 atur ukuran teks dengan ukuran yang kecil dan di frame 5 atur ukuran teks menjadi lebih besar dari sebelumnya begitu seterusnya sampai dengan ukuran teks yang diinginkan.

d.     Mengimport video dan suara dubbing
1)       Setelah itu, import video dengan cara klik file –import – import video. Pada jendela select video klik tombol browse. Pilih file video yang diperlukan, lalu klik Open.
2)       Pada menu selanjutnya klik next, dan next lagi. Pada menu pilihan skin lalu anda juga bisa next aja terakhir klik finish. Dengan cara yang sama, Import semua file video yang diperlukan.
3)       Setelah itu import suara dubbing yang sebelumnya sudah diedit di Ulead Video Studio 12 dengan cara pilih file-import file- kemudian pilih file suara. Lalu klik kanan file suara di library pilih linkage-centang pada export for action script – edit name dengan nama s1 lalu ok.
4)       Kemudian, pada frame yang akan diberi suara beriaction script berikut ini:
5)       Kemudian pada frame selanjutnya saat suara dimainkan pada frame sebelumnya tidak dimainkan pada frame selanjutnya dengan cara klik kanan-action- tulis action script

e.      Membuat kuis
1)      Kemudian untuk membuat kuis dengan cara buat sebuah kotak dengan Rectangle Tool, tetapi atur dulu besar radius sudut di Set Radius Corner menjadi 30.Buat kotak pada layer isi frame 35, fillcolor pilih warna hitam atau apa saja untuk background.
2)      Copy frame  pada layer isi, caranya klik frame 35 tekan Ctrl+Alt+C, kemudian klik sebelah kanan frame 35 yang masih kosong dan pastekan (Klik Ctrl+Alt+V).
3)      Berikutnya kunci layer background, buka layerpertanyaan, pada frame 1 buat static teks isikan dengan kata “Start” ,
4)      Setelah itu klik Selection Tool, klik kata yang telah di buat tadi, kemudian convet jadikan Button/tombol, caranya tekan F8, pilih Button lalu Ok. setelah itu tekan F9.
5)      Angka 2 menunjukan nomor frame pada layerpertanyaan, karena pertanyaan pertama nantinya akan dibuat di frame 40. Jika pertanyaan pertama nantinya anda buat pada frame 45 (misalnya), maka ganti angka 2 dengan angka 45.
6)      Masih di layer pertanyaan, berikutnya buat frame baru, buat pertanyaan dan jawaban pilihan gandanya dengan static teks.
7)      Setelah itu klik frame 35, tekan F9.
8)      Lalu klik jawaban A convert jadi Button/Tombol, caranya seperti di langkah 2, lalu jawaban B, dan seterusnya jadikan semua jawaban menjadiButton/Tombol. Setelah itu klik jawaban yang benar terlebih dahulu, dan tekan F9.
9)      Angka 3 adalah frame ke 50 pada layer pertanyaan (Frame yang berisi pertanyaan selanjutnya). Dan angka 10 adalah nilai yang didapat jika jawaban benar. Sementara itu pada jawaban lainnya (jawaban salah) masukkan script seperti diatas tetapi tanpa sekor+=10;
10)  Langkah berikutnya buat frame baru untuk pertanyaan lainnya, caranya seperti langkah 5.
11)  Pada frame terakhir (jika semua pertanyaan sudah dibuat), buatlah teks dengan tipe Dinamic Teks bukanStatic Teks, untuk menampilkan total nilai, pada kolom “var” masukkan variabel “sekor” dan padainstance name isi dengan “score”.
12)  Berikutnya masuk ke layer action. Pada frame 1 tekan F9.
13)  Buat frame baru pada layer action, tekan F9 dan masukkan kode yang sama seperti pada frame 1, begitu seterusnya hingga jumlah frame sama dengan jumlah frame pada layer pertanyaan.

Comments

Popular posts from this blog

Listing program C++ Rental Mobil

NAMA : MUNA NURMALA SARI NPM : 2015020138 KELAS : TI/II D LISTING PROGRAM #include <iostream> using namespace std; int main() {                 char nama[20],*jenis;                 int   kode,lama,harga,subtotal,total,ubay,diskon,ukem;                 cout <<"                STRUK PEMBAYARAN SEWA MOBIL              "<<endl;                 cout <<"--------------------------------------------------------------------------------"<<endl;             ...

model interaksi kecakapan manusia dan komputer

Kecakapan manusia ·          Estimasi Estimasi adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu data statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter. ·          Intuisi Intuisi   adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran ·          Kreatifitas Kreatifitas adalah adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri   aptitude   maupun non aptitude,   dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. ·  ...

Listing C++ Menetukan Nilai Grade Mahasiswa

Listing menentukan nilai grade mahasiswa Contoh 1 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;         cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) cout<<"A"; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) cout<<"B"; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) cout<<"C"; else if ((nilai<40) && (nilai<55)) cout<<"D"; else if (nilai<40) cout<<"E";     cout<<"nilai mahasiswa : "<<nilai<<endl; return 0; } Contoh 2 #include <iostream> using namespace std; int main () {     int nilai ;     char indeks;     cout<<"masukan nilai : ";cin>>nilai; if (nilai>=80) indeks = 'A'; else if ((nilai<=70) && (nilai<80)) indeks = 'B'; else if ((nilai<=55) && (nilai<70)) indeks = 'C'; else if ((nilai<40) && (nilai...